1. DEFINISI KOMUNIKASI ANTAR
PRIBADI
KAP adalah komunikasi yang
berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara
terorganisasi maupun pada kerumunan orang (Wiryanto, 2004).
2. TUJUAN KOMUNIKASI
Komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk menjelaskan
“siapa”,mengatakan “apa”dengan “saluran apa”,”kepada siapa”,dan “dengan akibata
atau hasil apa”.(who/say what?in which channel? To whom? With what effect?)
(lasswell,1960).dan komunikasi juga bertujuan untuk menyampaikan
informasi,gagasan,emosi,keahlian dan lain-lainnya melalui penggunaan
symbol-simbol,seperti kata-kata,gambar-gambar,angka-angka,dll (berelson dan
steiner,1964).
3. TUJUAN KOMUNIKASI ANTAR
PRIBADI SEBAGAI PROSES TRANSAKSIONAL
Komunikasi sebagai proses transaksional yaitu komunikasi
yang pada dasarnya menuntut dua tindakan:member dan menerima.dua tindakan
tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau proposional oleh
masing-masing pelaku yang terlibat dalam komunikasi.apa yang kita terima,nilai
besar kecilnya tergantung pada apa yang kita berikan.misalnya,dalam membeli
suatu barang,lazimnya kualitas dan kuantitas suatu barang yang akan kita
peroleh tergantug pada jumlah uang yang ada pada kita.prinsip ini juga berlaku
bagi komunikasi.artinya seberapa besar tujuan yang kita harapkan dari tindakan
komunikasi yang dilakukan,tergantung pada seberapa besar pula upaya yang kita
lakukan untuk tindakan komunikasi tersebut.
Pengertian “transaksional” juga menunjuk pada suatu kondisi
bahwa keberhasilan komunikasi tidak hanya ditentukan oleh salah stu
pihak,tetapi oleh kedua belah pihak yang terlibat dalamkomukasi.ini berarti
bahwa komunikasi akan berhasil apabila kedua belah pihak yang terlibat
mempunyai kesepakatan tentang hal-hal yang dikomunikasikan.
4. EFEKTIVITAS KOMUNITAS
ANTAR PRIBADI
KAP merupakan komunikasi paling
efektif untuk mengubah sikap, pendapat atau perilakuseseorang. Menurut
Kumar (2000: 121-122), lima
ciri efektifitas KAP sebagai berikut:
- Keterbukaan (openess).
- Empati (empathy).
- Dukungan (supportiveness).
- Rasa positif (positiveness).
- Kesetaraan (equality).
Feedback yang diperoleh dalam KAP berupa feedback positif,
negatif dan netral. Prinsip mendasar dalam komunikasi manusia berupa penerusan
gagasan.
David Berlo (1997:172) mengembangkan konsep empati menjadi teori komunikasi.
Empat tingkat ketergantungan komunikasi adalah:
Peserta komunikasi memilih
pasangan sesuai dirinya.
Tanggapan yang diharapkan berupa umpan balik.
Individu mempunyai kemampuan untuk menanggapi,
mengantisipasi bagaimana meresponinformasi,
serta mengembangkan harapan-harapan tingkah laku partisipan komunikasi.
Berlo membagi teori empati menjadi dua:
- Teori Penyimpulan (inference theory), orang dapat mengamati atau mengidentifikasi perilakunya sendiri.
- Teori Pengambilan Peran (role taking theory), seseorang harus lebih dulu mengenal dan mengerti perilaku orang lain.
- Kelayakan (decentering).
- Pengambilan peran (role taking).
- Empati komuniksi (empathic communication).
- Kelayakan (decentering)
Bagaimana individu memusatkan perhatian kepada orang lain
dan mempertimbangkan apa yang dipikirkan dan dikatakan orang lain tersebut.
Pengambilan peran (role taking)
Mengidentifikasikan orang lain ke dalam dirinya, menyentuh
kesadaran diri melalui orang lain. Tingkatan dalam pengambilan peran:
- Tingkatan budaya (cultural level), mendasarkan keseluruhan karakteristik dari norma dan nilai masyarakat.
- Tingkatan sosiologis (sociological level), mendasarkan pada asumsi sebagian kelompokbudaya.
- Tingkatan psikologis (psycological level), mendasarkan pada apa yang dialami oleh individu.
Empati komunikasi meliputi
penyampaian perasaan, kejadian, persepsi atau proses yang menyatakan tidak
langsung perubahan sikap/perilaku penerima.
Blumer mengembangkan pemikiran Mead melalui pokok pikiran interaksionisme
simbolik yaitu “Manusia bertindak (act) terhadap
sesuatu (thing) atas dasar makna (meaning) yang dipunyai
objek tersebut bagi dirinya.
Febrina. 2008. Pengertian KIP/K (Komunikasi Inter
Personal/ Konseling).
diposting tanggal 8 Februari: 19.41 WIB.
Prakosa, A. 2007. Pengertian Komunikasi Antar Pribadi. diposting Jumat, 7 Desember: 20.06 WIB.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta : PT.
Grasindo.
Prakosa, A. 2007. Pengertian Komunikasi Antar Pribadi. diposting Jumat, 7 Desember: 20.06 WIB.
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar